Jumat, 28 November 2014

Contoh Perubahan Sosial Budaya



Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada masyarakat atau kebiasan-kebiasan pada masyarakat itu sendiri.
Maka dari itu banyak sekali contoh-contoh perubahan Sosial budaya yang bisa sobat multia ajaib ketahui, tetapi banyak juga yang tidak diketahui.
1. Pakaian
Pada zaman dahulu masyarakat menggunakan pakaian adat. Tetapi, seiring berjalannya waktu dengan kemajuan dari perkembangan jaman, masyarakat tesebut membuat sedikit demi sedikit anggota masyarakat mulai untuk meninggalkan pakaian adatnya tersebut dan sekarangpun masyarakat mulai menggunakan pakai yang telah menjadi trend didaerah-daerah tersebut.

2. Pertanian
Semkain lama pertanian yang ada di Indonesia semakin turun, bahkan sekarang banyak sekali para petani menjual lahan taninya. Yang disebabkan oleh beberapa macam penyebab. Dari perbandingan hasil panen dengan pekerjaan bangunan, mereka membandingkannya, apabila bertani mungkin akan memakan waktu yang cukup lama dibandingkan bekerja bangunan, karena zaman sekarang, banyak sekali orang yang mendirikan bangunan.

3. Model Rambut
Dari zaman dulu model rambut sudah berubah-ubah mengikuti perkembangan zaman saat ini, agar tidak dikatakan oleh teman Jadul, culun, cupu, dan lain-lain. Banyak juga anak-anak sekarang yang menyukai gaya rambut " Mohak/ Punk " karena menurut mereka itu keren, tetapi apa? hanya kalian yang bisa menjawabnya.

4. Ekonomi
Perubahan Ekonomi ini sudah tampak jelas sekali di masyarakat. Masyarakat sekarang lebih menyukai produk impor dari pada produk dalam negri sendiri, alasannya berbagai macam, karena produk luar lebih baguslah, apalah segala macamnya hehe.

5. Bahasa Daerah
Indonesia ini banyak sekali memiliki bahasa daerah yang unik-unik, tetapi banyak juga yang sudah melupakan bahasanya tersebut, karena lebih suka dengan bahasa asing seperti bahasa Inggris.

6. Kesenian
Karena banyaknya anak Indonesia yang tidak suka dengan kesenian daerah, maka kesenian daerah yang ada di Indonesia ini juga mulai punah. Tetapi, masih banyak juga sih kesenian populer di Indonesia yang masih bisa bertahan sampai saat ini.

Referensi : http://multiajaib.blogspot.com/2014/10/contoh-perubahan-sosial-budaya-lengkap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar